ASMAN TOGA DAN AKUPRESURE 'ALOE VERA" Dusun Sembung Desa Cengkok


 2022-08-01 |  Root

Senin, 1 Agustus 2022 Dusun Sembung Desa Cengkok Kec. Ngronggot kedatangan Tim Verifikasi Penilaian Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (ASMAN TOGA DAN AKUPRESURE)
"ALOE VERA" dari Kabupaten Nganjuk

Pemanfaatan tanah pekarangan untuk tanaman obat keluarga adalah dengan diselengarakannya kegiatan asman toga yang salah satunya berada di Dusun Sembung Desa Cengkok, Kecamatan Ngronggot.

Asuhan mandiri (Asman) "Aloe Vera" yang berada di Dusun sembung Desa cengkok ini merupakan upaya masyarakat untuk memelihara kesehatannnya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri dengan memanfaatkan TOGA (taman obat keluarga). TOGA merupakan sekumpulan tanaman berkhasiat obat yang ditanam di pekarangan rumah dan diramu untuk memelihara kesehatan keluarga.

Kegiatan kelompok asman ALOE VERA ini juga mengembangkan bibit toga (taman obat keluarga) terutamanya tanaman Aloevera / lidah buaya menjadi makanan ringan yaitu stik Aloevera. supaya pemanfaatan Aloevera bukanhanya untuk obat keluarga saja, tetapi juga sebagai usaha warga untuk meningkatkan ekonomi keluarga dan ekonomi warga dusun Sembung Desa Cengkok

Tanaman obat keluarga (TOGA) atau dikenal dengan apotik hidup merupakan tanaman yang ditanam pada area di sekeliling rumah, halaman rumah, ditempatkan dalam pot atau ditanam pada kebun yang luasnya berukuran kecil. Hal tersebut dilakukan oleh pemiliknya untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan herbal keluarga.

Adanya apotik hidup yang tak jauh dari tempat tinggal kita, tentu saja akan sangat bermanfaat, baik nantinya digunakan sebagai obat tradisional yang sifatnya mencegah atau mengobati berbagai penyakit ringan hingga kronis sekalipun, jselain sebagai obat, makanan ringan Toga juga dapat dipergunakan sebagai bumbu pelengkap masakan serta menambah nilai estetika tersendiri jika tertanam dengan tertata rapi.