Ubinan Demplot Pemupukan berimbang 5:3:2 Tanaman Padi


 2020-07-09 |  Root

Rabu, 8 Juli 2020

Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan Ngronggot melakukan kegiatan Ubinan Demplot berimbang 5:3:2 pada tanaman padi di Kelpompok Tani Karya Tani Desa Kaloran Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk, Demplot 5:3:2 adalah pemupukan dengan 500 pupuk organik, 300 pupuk ponska, dan 200 pupuk urea per Ha. agar memeperoleh hasil yang maksimal

Ubinan adalah cara untuk mengetahui perkiraan hasil panen tanaman padi atau palawija melalui penentuan sampel, pengukuran dan penimbangan hasil. Berdasarkan rata-rata sampel hasil ubinan tersebut maka dapat diperkirakan hasil panen suatu daerah sesuai dengan komoditas yang telah diubin.

Secara garis besar adapun langkah-langkah dalam pengambilan ubinan yaitu :
1. Menentukan petak sawah yang akan dilakukan pengambilan ubinan.
2. Menentukan pangkal sumbu yang diambil dari sudut Barat Daya.
3. Menentukan titik pangkal ubinan, yaitu dengan cara mengukur panjang kedua sisi petak sawah tersebut (panjang sisi B-T dan U-S) dengan mempergunakan langkah kaki biasa kemudian dicatat. Setelah panjang sisi-sisi sawah diketahui selanjutnya menentukan titik pangkal (P) dengan bantuan tabel angka random yang terdiri dari 2 halaman.
4. Ambil angka random yang terdiri dari 5 digit dengan picingan mata untuk menentukan halaman, baris dan kolom berapa pada angka random awal berada.
5. Setelah didapatkan posisi angka random, selanjutnya melangkah lagi sesuai dengan angka random terpilih. 
6. Setelah titik Pangkal (P) ditemukan kemudian lakukan pemasangan alat ubinan mengikuti arah jarum jam. Luas ubinan yang biasa digunakan adalah 6,25 m2 (2,5 x 2,5 m).