Penilaian Lomba PTP di Desa Cengkok sekaligus Launching 2 jt Masker


 2020-08-26 |  Root

  • Ketua TP PKK Pantau Lomba PTP
    Di Kedungombo Dan Cengkok

    Ketua TP PKK Mbak Yuni Sophia kembali memantau penjurian babak 6 besar Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) Kabupaten Nganjuk pada 26 Agustus 2020. Dari 6 wilayah terpilih, kali ini Mbak Yuni mengunjungi Desa Kedungombo Kecamatan Tanjunganom dan Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot.

    Dalam kunjungannya, Ketua TP PKK beserta rombongan berkeliling ke rumah-rumah warga untuk melihat hasil budidaya tanaman dan ternak di lingkungan mereka.
    Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Desa Kedungombo, Kecamatan Tanjunganom, tepatnya di RT 01 RW 02. Saat berkunjung, warga menunjukkan pekarangan yang telah ditanami berbagai jenis sayuran seperti sawi, terong, dan kubis, serta sebuah kolam untuk berternak lele. Hasil panen warga kemudian dijadikan olahan pangan untuk pemenuhan gizi masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Mbak Yuni turut memanen sayur dan mengambil ikan dari kolam yang ada di pekarangan warga.
    Masih dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, warga juga menampilkan berbagai kerajinan yang diolah dari hasil daur ulang sampah.

    Mbak Yuni mengapresiasi sekaligus memberikan masukan mengenai cara meningkatkan tampilan kerajinan tersebut agar dapat bernilai ekonomis.
    Lebih lanjut, Mbak Yuni mengingatkan masyarakat bahwa kegiatan PTP ini adalah kegiatan jangka panjang yang juga berdampak pada lingkungan. "Saya harap kegiatan PTP ini tidak hanya sekadar sebagai lomba, tapi harus dijadikan kebiasaan berkelanjutan," ujarnya.
    Manfaat dari kegiatan ini, sambung Mbak Yuni Sophia, tidak hanya untuk memenuhi gizi masyarakat. Tapi juga sebagai gerakan penghijauan dan mendorong kepekaan kita terhadap lingkungan.

    Setelah itu, rombongan melanjutkan kunjungan ke Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot. Wanita berkacamata ini melihat langsung proses produksi pangan dari tanaman yang ada di pekarangan warga. Tidak hanya sayur mayur, warga pun menanam berbagai tanaman toga. Mbak Yuni berharap tanaman toga tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ramuan alami pembentuk imun tubuh.
    (lanjut di kolom komentar)

    2h

    • humaskabupatennganjuk's profile picture

       

      humaskabupatennganjuk

      "Kita harus menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan bahan-bahan yang alami hasil tanam sendiri. Sebisa mungkin kurangi asupan yang mengandung zat kimia karena tidak berdampak baik jika digunakan jangka panjang," tukasnya.
      Sepanjang kunjungannya, Mbak Yuni sekaligus memantau ketertiban masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

      Di akhir acara pendamping orang nomor satu di Nganjuk itu menyerahkan masker sebagai tindak lanjut "Gerakan 2 Juta Masker" yang dicanangkan oleh Bupati beberapa waktu sebelumnya. Selain itu, Ketua TP PKK juga mengedukasi masyarakat tentang betapa pentingnya mematuhi protokol kesehatan di kala pandemi. Sebelum menutup acara, Mbak Novi berpesan pada seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa bersinergi dan nyawiji demi mewujudkan Nganjuk bebas Pandemi.